Jerman Permalukan Skotlandia di Pertandingan Pembuka Euro 2024

0

SPORT, Bulir.id – Anak asuhan Julian Nagelsmann membuat penonton tuan rumah Jerman terpukau sebab berhasil merengkuh kemenangan 5-1 atas Skotlandia di pertandingan pembuka Euro di Allianz Arena, 15 Juni 2024.

Pendukung Skotlandia mungkin telah menguasai kota Munchen beberapa jam menjelang pertandingan, namun dalam waktu kurang dari 10 menit keriuhan mereka dipecahkan oleh tuan rumah yang berjiwa muda dan energik.

Hanya sedikit yang memperkirakan Skotlandia akan menang di Allianz Arena, namun terdapat ketidakpercayaan terhadap tim nasional Jerman yang disebabkan oleh penampilan buruk mereka di tiga turnamen internasional terakhir mereka.

Kalah dalam tiga pertandingan pembukaan terakhir mereka di Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa, suasana sebelum kick-off agak gugup dari para pendukung tuan rumah, namun gol Florian Wirtz pada menit ke-10 membawa kelegaan bagi Bavaria.

Gol tersebut tercipta dari umpan silang yang luar biasa dari Toni Kroos yang diteruskan ke arah Wirtz di ruang kosong di tepi kotak.

Tembakannya yang pertama kali cukup kuat, meskipun Angus Gunn akan menganggap tembakan itu sebagai tembakan yang seharusnya tidak masuk ke gawang. Telapak tangannya tidak cukup kuat, dan ia menepis bola ke tiang kanan dan masuk ke gawang.

Sembilan menit kemudian skor menjadi 2-0 untuk tuan rumah dengan Jamal Musiala mencetak gol untuk keunggulan tuan rumah.

Umpan kreatif luar biasa lainnya membelah pertahanan Skotlandia, kali ini dari Ilkay Gundogan dan Kai Havertz mampu menguasai bola dan memberikan umpan ke Musiala.

Penyerang Bayern Munchen itu membuat pertahanan Skotlandia lumpuh dengan gerakan tubuh yang indah, dan ia kemudian melepaskan tembakan ke bagian atas gawang, melepaskan sorakan riuh dari penonton Jerman.

Menjelang paruh waktu, Skotlandia berada di bawah tekanan sekali lagi dengan bola pin-balling di sekitar area penalti mereka sendiri, namun Ryan Porteous tampak melakukan tantangan terakhir yang heroik terhadap Gundogan.

Perayaan atas pelanggaran tersebut segera dihentikan karena wasit didorong untuk melihat monitor VAR untuk kemungkinan kartu merah dan penalti.

Keputusan itu bukanlah keputusan yang sulit. Itu adalah sebuah tantangan tanpa niat jahat, tapi Porteous mengerahkan seluruh kemampuannya untuk memblokir tembakan.

Havertz melangkah untuk mengambil penalti dan berhasil menjebol gawang lawan, menjadikannya 3-0 di babak pertama melawan sepuluh pemain Skotlandia.

Unggul dalam jumlah pemain coba dimanfaatkan Jerman dengan tidak memberikan ruang bermain kepada Skotlandia. Jerman terus mengurung Skotlandia sejak awal babak kedua.

Striker pengganti Jerman Niclas Fullkrug membawa Jerman unggul 4-0 pada menit ke-68. Striker Borussia Dortmund itu dengan jeli memanfaatkan kemelut di kotak penalti.

Skotlandia yang terus diserang Jerman memberikan kejutan dengan mencetak gol hiburan melalui tendangan bebas pada menit ke-87. Skor berubah menjadi 4-1.

Di masa tambahan waktu, Emre Can mengubah skor menjadi 5-1 melalui tendangan melengkung indah yang mengarah ke sudut bawah gawang. Julian Nagelsmann sekarang akan mempeersiapkan anak asuhnya menjelang pertandingan hari Rabu dengan Hongaria.*