SMPN Nuba Arat Maumere Gelar Pentas Seni, Usung Tema Kolaborasi Ciptakan Perubahan

0

Maumere, Bulir.id – SMPN Nuba Arat selenggarakan Pentas Seni dengan Tema Kolaborasi Ciptakan Perubahan, selama tiga hari sejak 10 hingga 12 Januari 2021 bertempat di Aula SMPN Nuba Arat, Banarat, Watuliwung, Kec. Kangae, Kab. Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Beragam seni ditampilkan oleh siswa-siswi Nuba Arat, diantaranya; Paduan Suara, Nyanyi Solo dan Duet, Musik Tradisional (Musik Kampung), Tarian Tradisional (Hegong Kreasi), Tarian Modern/ Dance, Storytelling serta Puisi. Mereka terlihat antusias dan bahagia dengan gelaran acara pentas seni tersebut.

Gelaran acara pentas seni tersebut pertama-tama bertujuan meningkatkan bakat dan minat peserta didik SMPN Nuba Arat dalam hal seni, baik seni modern maupun tradisional. Kemasan kegiatan ini juga sekaligus sebagai bentuk penggalangan dana untuk pembangunan dua ruang kelas darurat.

PENSI ini dihadiri oleh orang tua siswa, simpatisan, komite, para staf, guru dan kepsek SMPN Nuba Arat serta Kepala sekolah SMAK JOHN PAUL 2 MAUMERE RD. Fidelis Dua, M.Th juga turut hadir.

Di sela-sela acara itu juga dihadiri sang juara lomba KSN tingkat Nasional dari SMPK FRATER Maumere Aaron Evander Kurniawan.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah (Kepsek) Bergita Tati de Rozari, S.Pd. Dalam sambutannya beliau menekankan beberapa hal. Pertama, menurutnya kegiatan ini merupakan awal yang baik untuk meningkatkan kreativitas siswa dibidang seni dan dapat membentuk karakter siswa melalui aktivitas seni.

Kedua, kolaborasi dan kerja sama dari tim tenaga pendidik dan kependidikan di SMPN Nuba Arat memberi nilai plus dalam mendukung kegiatan pentas seni siswa-siswi.

Ketiga, dukungan Komite dan orang tua siswa, simpatisan dan pemerintah cukup memberi apresiasi untuk kemajuan perkembangan bakat dan minat siswa di SMPN Nuba Arat.

Terakhir, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi bahan evaluasi sekolah dalam menyusun program kegiatan yang lebih berfokus pada siswa. Hal ini bertujuan pada peningkatan semangat belajar dan prestasi dibidang ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk bekal masa depan siswa-siswi.

Saat dihubungi bulir.id, kepsek mengatakan merasa bangga dengan partisipasi anak didik serta staf pegawai dan guru dalam penyenggaraan kegiatan PENSI ini. Menurutnya kegiatan ini dapat berjalan sukses karena keterlibatan dan kerja keras semua pihak.

Abel Fernando, salah satu guru kesenian mengungkapkan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta didik yang terlibat dalam pentas seni. Ia berharap semoga anak didiknya terus mengembangkan bakat dan keterampilan di bidang seni.

Sedangkan Ello dan Reynaldo yang merupakan siswa Nuba Arat mengatakan sangat senang dan bangga bisa terlibat dalam pentas seni ini.

“Suatu kebanggaan bagi saya karena sudah terpilih dan memberikan yang terbaik khususnya SMPN NUBA ARAT tercinta,” kata Reynaldo.

Selanjutnya RD. Fidelis Dua, M.TH yang juga merupakan pecinta seni mengatakan sebagai sekolah yang baru, kegiatan PENSI seperti hari ini merupakan suatu kegiatan yang luar biasa. Ini semua karena kreativitas dan kolaborasi yang hebat dari kepala sekolah dan guru-guru.

Kepsek John Paul itu, menambahkan bahwa ada satu komitmen dari kepala sekolah dan guru untuk mengembangkan potensi dan bakat dari peserta didik. Ada bakat dan minat yang sedang tumbuh dalam diri peserta didik yang direspon positif oleh kepala sekolah dan guru sehingga anak-anak mampu tampil kreatif dalam seni suara, musik, tari dan sastra.

“Kegiatan PENSI yang tarjadi selama tiga hari ini menjadi ajang bergengsi bagi anak-anak untuk menunjukkan kepada orang tua bahwa mereka bisa dan perlu diapresiasi. Maka apresiasi, baik dari orang tua maupun guru berupa sumbangan untuk pembangunan ruang kelas darurat adalah sebuah wujud penghargaan yang mahal bagi bakat dan minat anak-anak. Mereka akan merasa bangga bahwa dari apa yang mereka miliki, mereka dapat memberikan yang terbaik buat sekolahnya. Ini merupakan proses menumbuhkan rasa cinta almamater,” tutup RD. Fidel.*

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here