Spanyol Berhasil Lolos ke Final Euro 2024 Usai Mempecundangi Prancis 

0

SPORT, Bulir.id – Spanyol menyingkirkan Prancis dari semifinal Euro 2024 dan lolos ke final. La Roja mengantongi kemenangan 2-1 atas skuad Didier Deschamps di Allianz Arena di Munich, Jerman pada Rabu 10/7/24 dini hari WIB.

Prancis membuka skor saat penyerang Randal Kolo Muani mencetak gol dari umpan kapten Kylian Mbappe pada menit kedelapan. Lamine Yamal mencetak gol penyeimbang untuk Spanyol dengan tendangan melengkung dari umpan Alvaro Morata pada menit ke-21. Penyerang Spanyol Dani Olmo menambah keunggulan pada menit ke-25.

La Roja mempertahankan penguasaan bola yang lebih baik (59%), memiliki lebih banyak umpan (500) dan mempertahankan akurasi umpan yang lebih tinggi (88%) sepanjang pertandingan.

Dengan kemenangan ini, Luis de la Fuente yang mengambil alih sebagai manajer pada tahun 2022, menjadi pelatih pertama yang memenangkan enam pertandingan berturut-turut di Kejuaraan Eropa putra.

Terakhir kali La Roja berhasil mencapai final Euro adalah pada tahun 2012. Spanyol telah memenangkan Kejuaraan Eropa UEFA tiga kali, pada tahun 1964, 2008, dan 2012, serta menjadi runner-up pada tahun 1984 dan berakhir di posisi ketiga pada tahun 2020.

Final Euro 2024 dijadwalkan pada 15 Juli di Olympiastadion Berlin. Finalis lainnya akan ditentukan dalam pertandingan semifinal antara Inggris dan Belanda pada 11 Juli di Signal Iduna Park.

Lamine Yamal ciptakan dua rekor

Pemain sayap Spanyol Lamine Yamal menjadi pencetak gol termuda dalam turnamen internasional setelah mencetak gol penyeimbang melawan Prancis di babak semifinal.

Pada usia 16 tahun dan 362 hari, bintang Barcelona ini memecahkan rekor mendiang legenda Brasil Pelé (17 tahun dan 239 hari di Piala Dunia FIFA 1958).

Saat La Roja melaju ke final Euro 2024, Yamal menjadi finalis termuda dalam sejarah turnamen.

Sebelumnya di turnamen tersebut, Lamine Yamal mengantongi rekor sebagai pemain termuda yang tampil di Kejuaraan Eropa setelah menjadi starter untuk Spanyol dalam kemenangan 3-0 atas Kroasia di laga pembuka Euro 2024.

Ia juga memecahkan rekor lain dalam pertandingan tersebut dengan menjadi pemberi assist termuda dalam sejarah Euro.*