Bangun SDM NTT, Taruna Akademia Bertemu Bupati Kupang Tawarkan Kerjasama Beasiswa

0

Jakarta, BULIR.ID – Sejumlah perwakilan Tim Tentor Taruna Akademia menggelar pertemuan dengan Bupati Kupang, Drs. Korinus Masneno, M.Si bertempat di ruang kerja Bupati pada Senin 8 Mei 2023.

Pertemuan ini digelar dalam rangka memperkenalkan Lembaga Bimbingan Belajar dan Konseling Swasta Taruna Akademia, yang merupakan lembaga swasta dengan fokus kegiatan memberikan pendampingan dan pelatihan persiapan bagi para generasi muda NTT yang berminat mengikuti seleksi masuk TNI, Polri dan sekolah kedinasan di Indonesia.

Pada kesempatan ini, Rombongan Tim Tentor yang dipimpin Direktur Taruna Akademia (TA), Alex Andiwatir, S.Fil.M.Si memperkenalkan Taruna Akademia sebagai satu-satunya lembaga swasta yang khusus menyediakan bimbingan dan pelatihan seleksi masuk TNI, Polri dan sekolah kedinasan di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain itu, Rombongan Tim Tentor TA juga menawarkan beasiswa kepada siswa-siswi SMA/SMK dan sederajat yang berprestasi di Kabupaten Kupang, khusus bagi yang ingin menjadi Abdi Negara baik TNI, Polri maupun kedinaasan lainnya untuk dibimbing dan dilatih di TA.

Koordinator Tim selaku Direktur Taruna Akademia (TA), Alex Andiwatir, S.Fil. M.Si mengatakan untuk tahun 2023, pihaknya hanya memberikan program beasiswa kepada siswa-siswi SMA/SMK dan sederajat, khusus di wilayah Kabupaten Kupang.

“Karena beasiswa ini berupa tawaran kerja sama dalam bentuk sewa pakai asset Pemkab Kupang yang ada di Kota Kupang, yang dalam rencana akan dijadikan sebagai asrama bagi calon siswa (casis),” kata Alex dikutip dari rilis yang diterima media ini, Senin (9/5/23).

“Persiapan harus dilakukan sejak dini, agar peserta memiliki bekal yang mumpuni Ketika saat mereka mengikuti seleksi,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Kupang, Drs. Korinus Masneno, M.Si menyampaikan apresiasi dan menyambut baik tawaran yang diberikan Tim Tentor TA. Ia mengaku tawaran yang diberikan merupakan gagasan positif dan bagus.

Ia juga mengaku terkejut ternyata lembaga bimbingan dan pelatihan seleksi masuk TNI/Polri dan sekolah kedinanas sudah ada di wilayah NTT, secara khusus Kupang.

“Ini adalah gagasan yang bagus dan saya baru dengar hari ini jika kita di NTT sudah ada Lembaga seperti ini. Karena pengalaman selama ini, biasanya bagi yang ingin mengikuti seleksi CPNS mereka biasanya mengikutinya secara online yang diselenggarakan oleh beberapa Lembaga di luar NTT,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bupati Korinus mengatakan bahwa proposal yang diajukan hari ini akan segera di-disposisi.

Rudobertus Talan selaku Humas Taruna Akademia, menyampaikan pihaknya berharap niat baik yang diutarakan ke hadapan Bupati Korinus mendapat respon positif sehingga segera direalisasikan. Hal ini semata-mata untuk kebaikan anak-anak NTT.

“Besar harapan kami, semoga niat baik kami hari ini dapat dinyatakan dalam bentuk aksi yang sesungguhnya. Ini demi anak-anak NTT. Kita siapakan mereka dengan matang, maka mereka bisa bersaing secara nasional,” tukas alumnus Pascasrjana Universitas Negeri Semarang ini.

Rudobertus Talan yang juga bertindakan sebagai Tentor Jasmani di TA ini menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pelayanan yang diberikan Pemda Kupang, terutama karena telah meluangkan waktu untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dalam rangka memajukan NTT.

“Sangat luar biasa sehingga pada hari ini kita bisa memberikan ruang dan waktu untuk berdiskusi bersama orang nommor 1 di Kabupaten Kupang. Bapak Bupati sangat terbuka dan mendukung program yang ditawarkan oleh bimbingan belajar Taruna Akedemia,” ungkapnya.

Ke depan, Ia berharap, Pemda Kupang bisa berkolaborasi dengan Taruna Akademia (TA) dan mendukung program-program yang sudah didiskusikan bersama serta dapat terealisasi dengan baik dan berdampak bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Kupang, khusnya bagi generasi muda yang ingin memngikuti tes abdi negara (TNI, Polri & Sekolah Kedinasan).

Tentor Inteligensi Umum, Sefri Falo pada kesempatan ini menyampaikan momen pertemuan dengan Bupati Kupang merupakan suatu sangat luar biasa.

Penerima beasiswa LPDP ini mengungkapkan Bupati Korinus merupakan sosok yang sangat peduli dengan masalah pendidikan di NTT. Hal ini sejalan dengan apa yang telah dilakukan dimana menunjukkan Bupati Korinus sepenuhnya sangat mndudung gerakan kaum muda untuk memajukan pendidikam di NTT.

“Harapannya, semoga apa yang sudah dibicarakan bersama dengan Bapak Bupati dapat terealisasi di masa yang akan datang pada saat dan waktu yang tepat. Melalui pertemuan ini, menjadi awal bagi kerjasama selanjutnya untuk memajukan pendidikan di NTT”.

Tentor Bahasa Inggris Carmelo Daniel pada kesempatan yang sama juga memberikan kesannya bahwa pertemuan ini merupakan satu inisiatif yang sangat baik, terutama dari lembaga yang sedang berkembang untuk lebih mendukung perkembangan pendidikan di Indonesia, khususnya NTT.

“Pertemuan dengan pemerintah dalam hal membangun kerjasama ini menandakan keseriusan Lembaga Taruna Akademia dalam mendorong pengembangan SDM di NTT yang kini jadi fokus Pemerintah NTT,” pungkasnya.*