Idris Wasahua : Kader MATAN Tidak Saja Ahli Zikir Tapi Juga Ahli Berpikir

0

BOGOR, Bulir.id – Wakil Pengurus Wilayah Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (MATAN) DKI Jakarta Dr. Idris Wasahua, MH., mengatakan, kader MATAN tidak saja sebagai ahli Zikir tetapi juga sebagai ahli berpikir.

Hal itu ia sampaikan saat membawakan materi pada acara deklarasi MATAN cabang Bogor Raya yang dilaksanakan secara bersamaan dengan penyelenggaraan Taman Sufi di Bogor.

Sebagai ahli berfikir kata Dosen Hukum di sejumlah Universitas di Jakarta ini, kader MATAN harus memiliki semangat belajar dalam meningkatkan kemampuan intelektual demi memberikan manfaat bagi semesta alam.

“Jadi, kader MATAN itu bukan hanya ahli zikir, namun juga ahli fikir. Kader MATAN harus menjadi ahli fikir yang berarti memiliki semangat belajar dalam meningkatkan kemampuan intelektual untuk memberikan manfaat bagi semesta alam”, kata Doktor Hukum lulusan S3 Universitas Brawija Malang itu di di Aula Gedung A IUQI, Leuwiliang, Bogor, Sabtu (18/6/22).

“Sedangkan ahli zikir (sufistik) bermakna memiliki kedalaman spiritual melalui pengamalan thoriqoh mu’tabarah untuk mencapai wushul ilallah sehingga dapat meraih ridla Allah SWT”, sambungnya.

Prosesi pembaiatan kader baru MATAN

Ia menambahkan, pasca lulus dari Perguruan Tinggi (PT), kader MATAN harus mendayagunakan ilmu yang ia miliki untuk kepentingan kemaslahatan ummat manusia serta alam semesta dalam rangka mencapai ridho Allah SWT.

“Dengan demikian, maka mahasiwa yang tergabung dalam MATAN pasca lulus dari perguruan tinggi akan dapat mendayagunakan ilmu pengetahuannya untuk kepentingan kemaslahatan ummat manusia serta alam semesta dalam rangka mencapai ridho Allah SWT. Itulah pesan pembuka dan penutup setiap amaliyah zikir ahli thoriqoh: “Ilahi anta maqsudi waridhoka matlubi, a’tini mahabbataka wama’rifataka” (Ya Allah, Engkaulah tujuanku dan Ridhomulah yang kuharapkan, beri aku kecintaan dan makrifat kepada-Mu”, jelasnya.

Untuk diketahui, Taman Sufi merupakan kegiatan pengkaderan dalam organisasi MATAN yang dilaksanakan pada tingkat komisariat. Dengan kata lain, Taman Sufi merupakan tiket bagi anggota MATAN untuk mengikuti kegiatan kaderisasi lanjutan yang dilaksanakan pada tingkat pengurus wilayah sekaligus momen pengkaderan para mahasiswa agar menjadi anggota MATAN secara resmi.

Benner acara

Adapun tujuan khusus Taman Sufi adalah mengenalkan MATAN sebagai organisasi mahasiswa, mengenalkan ajaran-ajaran thoriqoh, serta memberikan pemahaman pentingnya ajaran tasawuf dan tarekat bagi generasi muda kepada seluruh peserta.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here