IKMALALE Jakarta Akan Gelar Pentas Seni Budaya di Anjungan NTT

0

Tabur, BULIR.ID – Ikatan Mahasiswa Lamba Leda Jakarta atau IKMALALE akan menggelar pentas seni budaya pada Sabtu (27/11/2021). Acara tersebut digelar di Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Acara tersebut merupakan ungkapan syukuran ulang tahun IKMALALE ke-1 yang kami kemas dalam bentuk pentas seni budaya,” ujar Ketua IKMALALE Tasiana Banggung kepada wartawan, Senin (22/11/21).

Adapun tema yang diangkat, lanjut Tasiana, adalah “Mahasiswa Merawat Budaya”. Tema tersebut menjelaskan bahwa mahasiswa di tanah perantauan sangat mencintai budaya yang diwariskan nenek moyang.

“Kami mahasiswa asal Manggarai. Kami mau tunjukan kepada orang tua kami di Kampung bahwa kami tidak lupa tanah kelahiran kami (kuni agu kalo) di perantauan,” tegasnya.

“Ini bukti bahwa kami sangat mencintai warisan budaya nenek moyang. Mencintai budaya adalah mencinta para leluhur yang memberikan makna hidup melalui budaya,” tambahnya.

Sementara Koordinator IKMALALE, Odorikus Holang mengapresiasi kreatifitas para mahasiswa tersebut. Pria yang akrab disapa Holang itu mengatakan mahasiswa harus akrab dengan budayanya. Sebab budaya adalah jalan hidup.

“Budaya itu jalan atau cara hidup yang dijelaskan melalui simbol. Misalnya melalui pakaian adatnya. Ada pesan universal tentang kehidupan di sana,” katanya.

Apalagi simbol yang sangat terkenal dari Lamba Leda bahkan sudah mendunia saat ini adalah kain Songke. Simbol budaya tersebut, imbuhnya,  mempunyai nilai yang harus dipertahankan.

“Tarian caci, sae, sanda, mbata, danding dan rangkuk alu adalah simbol budaya yang harus dilestarikan. Ini ciri khas budaya. Mahasiswa tersebut sebagai makhluk berbudaya, berkomunikasi dengan melontarkan dan memaknai simbol melalui jalinan interaksi sosial,” katanya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here