Hari Filsafat Sedunia 2021, Ajakan Untuk Mencintai Filsafat

0

Filsafat, Bulir.id – Filsafat begitu asing bagi banyak orang. Namun sebagian lagi menganggap filsafat sudah tidak relevan lagi dengan zaman. Bahkan ada filsuf yang mengumandangkan kematian filsafat.

Filsafat lahir dari sejarah panjang peradaban Yunani kuno. Kemudian filsafat bertransformasi dari masa ke masa untuk mempertanyakan sebab terdalam dari realitas (arche). Ia mengupas akar masalah yang tidak pernah bisa diselesaikan oleh sains.

Kelahiran filsafat merupakan kemenangan sebab ia mencerahkan manusia dari jurang ketidaktahuan menuju pencerahan. Yang dari mitos ke logos. Inilah alasan mengapa filsafat masih eksis dan relevan sampai saat ini.

Hari Filsafat Sedunia 2021, bertujuan untuk meningkatkan komitmen orang terhadap filsafat, meningkatkan kesadaran tentang pentingnya analisis filosofis, penelitian, dan studi tentang isu-isu kontemporer.

Hari Filsafat Sedunia bertujuan untuk mempromosikan budaya internasional dari debat filosofis yang sehat yang menghormati martabat dan keragaman orang. Setiap tahun, Kamis ketiga bulan November diperingati sebagai Hari Filsafat Sedunia. Tahun ini diperingati pada tanggal 18 November.

SEJARAH HARI FILSAFAT DUNIA
Pada tanggal 21 November 2002, Hari Filsafat Sedunia diperingati untuk pertama kalinya oleh UNESCO untuk menyoroti nilai abadi filsafat. Sebelumnya pada tahun 2005, UNESCO dalam Konferensi Umum mendeklarasikan perayaan tahunan acara tersebut.

TEMA HARI FILSAFAT DUNIA
Tema Hari Filsafat Sedunia 2021 dimaksudkan untuk didasarkan pada “interaksi yang berbeda dari manusia dengan lingkungan sosial, budaya, geografis dan politik dengan tujuan yang mendasari untuk lebih memahami kontribusi filsafat dalam masyarakat kontemporer dan tantangan yang mereka hadapi “di tengah pandemi.

TUJUAN HARI FILSAFAT DUNIA
Tujuannya adalah untuk meningkatkan komitmen masyarakat terhadap filsafat, meningkatkan kesadaran tentang pentingnya analisis filosofis, penelitian, dan studi tentang isu-isu kontemporer.

Inisiatif ini bertujuan untuk menginspirasi masyarakat untuk mengeksplorasi, berbagi ide-ide baru, dan mengundang refleksi filosofis, diskusi tentang masalah di masyarakat.

Mulai dari pertukaran akademik hingga peran filsafat dalam menjawab tantangan global, hari internasional ini mendorong semuanya. Memastikan bahwa nilai dan prinsip filosofis semakin diterapkan untuk menghasilkan solusi yang akan berkontribusi pada perdamaian dunia, menjadi fokus acara global ini.

Arti penting perayaan Hari Filsafat Sedunia terletak pada kenyataan bahwa disiplin filsafat menumbuhkan dialog antarbudaya, mengajarkan toleransi dan rasa hormat di tengah masyarakat.

Mempraktikkan latihan berpikir ditambah dengan konfrontasi pendapat yang rasional, filsafat menciptakan lingkungan yang sehat yang berpotensi membawa perubahan penting dalam masyarakat.

Ini memfasilitasi interaksi antara berbagai budaya dan memungkinkan orang berkenalan dengan berbagai arus intelektual yang lazim di seluruh dunia. Memfasilitasi transformasi positif dalam masyarakat, merupakan inti dari Hari Filsafat Sedunia.

Ada sesuatu yang menginspirasi tentang filsafat karena memberi Anda arah dan makna bagi hidup Anda.

Salam hangat di Hari Filsafat Sedunia untuk semua.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here